Pemasaran adalah proses yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan nilai (value) bagi pelanggan dan membangun relasi pelanggan yang kuat dalam rangka meraih nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Untuk itu kita harus mengerti manfaat dan keunggulan produk yang akan dipasarkan.
Tujuan pemasar adalah memperhatikan keterbatasan menjadi prioritas yang ditujukan ke pasar dengan melihat sumber daya kompetensi dan akses sebagai daya tarik agar berminat untuk dimiliki. Wujud timbal balik tersebut maka terjadilah pertukaran antara pemasar dengan pasar yang mendonasikan profit sebagai tujuan akhir.
Filosofi pemasaran dicermati secara perspektif dari berbagai konsep diantaranya :
Tujuan pemasar adalah memperhatikan keterbatasan menjadi prioritas yang ditujukan ke pasar dengan melihat sumber daya kompetensi dan akses sebagai daya tarik agar berminat untuk dimiliki. Wujud timbal balik tersebut maka terjadilah pertukaran antara pemasar dengan pasar yang mendonasikan profit sebagai tujuan akhir.
Filosofi pemasaran dicermati secara perspektif dari berbagai konsep diantaranya :
- Konsep produksi : produksi massal, distribusi intensif, harga terjangkau.
- Konsep produk : kualitas, kinerja, fitur inovatif.
- Konsep penjualan : promosi gencar, penjualan agresif.
- Konsep pemasaran : memahami dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, integritas bauran pemasaran, penjualan dan laba adalah konsekuensi pemuasan pelanggan.
- Konsep pemasaran sosial : keseimbangan kepentingan perusahaan, konsumen, dan masyarakat umum.
Konsep pemasaran dilakukan dengan cara meriset pasar, apa yang dibutuhkan dan siapa yang memerlukan harus disesuaikan secara efektif, inovatif dan fleksibel. Sebab mengapa orang membeli produk kita karena bagus, murah dan berbeda secara relevan harus mengenai target dan disertai merk sebagai ciri khas perusahaan.
Bauran pemasaran (7P):
Sumber : Fandy Tjiptono dosen fakultas ekonomi Atmajaya Yogyakarta. Pelatihan pemasaran dan pemanfaatan internet, paguyugan AYUB Yogyakarta dan PPEB EFE UAJY, Hari kartini 2012. pembicara : Toto Dwi Santoso
Bauran pemasaran (7P):
- Produk (product)
- Harga(price)
- Tempat (place)
- Promosi (promotion)
- Manusia (people)
- Proses (proses)
- Physical evidences
Sumber : Fandy Tjiptono dosen fakultas ekonomi Atmajaya Yogyakarta. Pelatihan pemasaran dan pemanfaatan internet, paguyugan AYUB Yogyakarta dan PPEB EFE UAJY, Hari kartini 2012. pembicara : Toto Dwi Santoso
Tidak ada komentar:
Posting Komentar