Jumat, 02 Mei 2014

Rifkah Bangga Ikut di Proyek Instalasi Biogas

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Rifkah Akmalina mengaku puas dirinya dapat tergabung dalam tim proyek instalasi biogas yang diterapkan di pasar induk buah dan sayur Gamping. Mahasiswi Teknik Kimia ini mendapat tugas dalam bagian sosialisasi pemilihan sampah untuk biogas.

"Padahal aku masih baru masuk, tapi langsung ditawarin untuk bergabung dalam proyek ini," katanya saat ditemui di acara peresmian instalasi biogas, Kamis (10/2/2011).

Wanita yang akrab disapa Rifka ini mengaku awalnya membaca pengumuman yang ditempel di papan informasi kampus. Pengumuman tersebut berisi tawaran untuk bergabung dalam tim pengembangan instalasi biogas.

Rifka mengatakan ada sekitar 15 orang mahasiswa yang tergabung dalam tim penelitian ini. Mereka terbagi dalam beberapa bagian, yaitu pemilihan sampah, pengolahan sampah dan granulator untuk pengolahan sampah.

"Tak menyangka, ternyata mahasiswa pun dapat menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat seperti ini,"lanjut mahasiswi berjilbab ini.

Rekan Rifkah, Mellisa Pramestari juga mengatakan hal senada. Ia mengaku sangat bangga dapat berkontribusi langsung mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari.

"Bisa sekalian belajar banyak dari para senior dan dosen-dosen yang melakukan penelitian ini," kata Melisa.

Teman seangkatan Rifka ini juga menambahkan ia mengalami kendala dalam melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Saat ia mengajak para pedagang buah dan sayur tersebut untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya, mereka cukup susah untuk merubah kebiasaan yang asal membuang sampah menjadi satu.

"Yah mungkin karena sudah kebiasaan, jadi butuh proses yang cukup lama," tambahnya.

Anggota tim yang lain, Putri Nurfitasari pun merasa sangat beruntung ia dapat terlibat langsung dalam proyek biogas ini. Mahasiswi asal Lampung tersebut mengaku mendapat banyak pengetahuan baru saat menjalani aktifitas penelitian yang dilakukan sejak Agustus 2010 ini.

"Mungkin aku ngga akan dapat ilmu ini di kelas, jadi ini benar-benar kesempatan dan pengalaman yang berharga banget," tutur Putri. (*)

http://jogja.tribunnews.com/2011/02/10/rifkah-bangga-ikut-di-proyek-instalasi-biogas/

Tidak ada komentar: