Minggu, 26 Oktober 2014

Es Teh Ternyata Berhaya Bagi Ginjal Dan Kesehatan

Minuman yang satu ini pasti sudah sangat lumrah, semua orang pasti menyukainya, selain menyegarkan, es teh manis juga mudah di temui di tempat makan manapun dan harganya terjangkau. Bagi teman - teman yang hobi meminum es teh apalagi ketika makan, mungkin harus membaca artikel ini dengan seksama karena minuman enak yang satu ini cukup membahayakan jika di konsumsi berlebih. 

Yuk simak bahayanya es teh berikut ini. 

Teh manis yang sering dipadukan dengan es agar lebih segar ini dapat memicu gangguan kesehatan, tepatnya menderita batu ginjal, hal ini di sebabkan karena es teh memiliki kandungan konsentrasi tinggi oksalat yang merupakan bahan kimia kunci. Kandungan tersebut memicu timbulnya batu ginjal. Jadi bagi teman - teman yang sudah menderita batu ginjal, disarankan untuk menghindari minuman ini ya.

Tidak hanya es teh, teh panas/hangat pun sebenarnya mengundang dampak negatif bagi kesehatan yang sama dengan es teh. Sebagai informasi tambahan, para pria lebih tinggi terkena resiko batu ginjal dibandingkan dengan wanita, apalagi setelah usia 40 tahun, dimana resiko batu ginjal ini semakin meningkat.

Selain resiko batu ginjal, meminum es teh dalam keadaan manis yang berlebihan juga dapat beresiko pada obesitas, pembusukan gigi dan diabetes. Dianjurkan untuk orang dewasa, sudah seharusnya mengurangi konsumsi gula sehingga dapat mengurangi resiko penyakit tersebut.

Namun ada beberapa hal dan tips yang dapat mengurangi resiko ketika meminum es teh, berikut tipsnya :
  1. Jangan minum es teh saat lapar atau perut kosong, karena akan meningkatkan asam lambung.
  2. Jangan terlalu banyak gula, karena kadar manis nya dapat menghilangkan zat bermanfaat pada teh tersebut.
  3. Jangan diminum setelah makan, hal ini sering sekali dilakukan oleh banyak orang, padahal meminum es teh setelah makan akan mentralisir gizi pada makanan yang baru saja kita makan.
  4. Setelah minum es teh manis, minum juga air putih yang cukup
  5. Jangan minum es teh saat kedaaan cuaca panas atau setelah berolahraga, seakan - akan karena kita ingin menyegarkan badan, karena dapat membuat kepala anda menjadi pusing, sebab saraf pusat belum siap untuk menerima respon dari panas ke dingin yang terlalu cepat. Hal ini juga berlaku untuk semua minuman dingin.
  6. Yang terakhir jangan minum es teh terlalu sering.
Jadi tahukan apa bahaya es teh bagi kesehatan? penuhi gizi yang seimbang agar terhindar dari berbagai penyakit dan tentunya untuk hidup sehat yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: