Rabu, 23 Desember 2015

Penggemukkan Sapi Potong

Berdasarkan informasi dari teman smp adik saya yang bernama Khuluq. Saya berkunjung ke Pundi Pangan Multifarm kepunyaan H. Bambang yang berlokasi di daerah prambanan sekitar 100 meter ke timur dari candi plaosan memiliki daya tampung 40 ekor sapi. Sapi hanya 3 bulan dipelihara dalam kandang kemudian dijual.

Selain itu juga pemanfaatan kotoran sapi untuk sumber energi berupa biogas merupakan pola pikir kemajuan di bidang peternakan yang menjadi daya tarik tempat ini.

Biogas adalah gas yang bersumber dari kotoran sapi yang telah dipendam dalam tungku bawah tanah sehingga mampu menyalakan kompor untuk memasak.

Dengan pemberian ransum 7 kg per ekor per hari berupa konsentrat 2 kg, bekatul 1 kg, bungkil kelapa 1 kg, ampas beer ¼ kg, ketela 1 ¾ kg, kedelai 1 kg. Maka satu ekor sapi menghasilan 10 kg letong (kotoran sapi) per hari.

Selain itu juga pemberian rumputan dan ampas tahu di pagi hari sekedarnya, serta pemutaran musik klasik dan sapi sering dimandikan hal ini sangat signifikan terhadap bobot badan sapi.

Tidak ada komentar: