Selasa, 22 Desember 2015

Buah Zakar yang Mengecil Sebelah

Dok, saya mempunyai kelainan di buah zakar. Pada usia 24 tahun saya mengalami sakit di sekitar alat kelamin yang menyebabkan salah satu buah zakar saya menjadi kecil sebelah. Setelah kejadian itu kehidupan saya masih normal-normal saja, saya sudah menikah selama 7 bulan.

Namun istri belum kunjung hamil juga, apakah ada pengaruhnya pada sperma yang saya hasilkan dengan kondisi buah zakar saya yang kecil sebelah hingga istri saya belum juga hamil? Mohon penjelasan dokter dan bila ada masalah kemana saya harus berobat? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Anto (Pria Menikah, 31 Tahun), antoXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 76 Kg


Jawaban

Mas Anto, buah zakar yang kecil sebelah belum berarti produksi sperma langsung terhenti. Minimal, buah zakar yang satunya tetap berfungsi normal. Bila setiap hubungan intim dengan isteri, Anda tetap bisa mengejakulasikan cairan sperma, itu sebuah petunjuk bahwa buah zakar Anda masih berproduksi cairan sperma.

Untuk terjadinya kehamilan diperlukan sel jantan (spermatozoa) dan sel betina (ovum) yang sehat. Dianjurkan Anda melakukan analisa sperma di laboratorium klinik untuk mengetahui kondisi cairan sperma Anda. Ini untuk mengetahui apakah sperma mengandung jumlah sel jantan yang cukup. Bagaimana bentuk sel jantannya, normalkah? Bagaimana pula motilitas (geraknya) sel jantan tersebut? Kemudian pH (tingkat keasaman) cairan sperma Anda.

Bila di kota Anda ada fasilitas klinik-infertilitas, maka Anda dan isteri bisa melakukan konsultasi secara komprehensif. Tetaplah berpikir positif, sebagai landasan untuk mencapai solusi yang tepat dan optimal.

Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas TarumanegaraJakarta.


Sumber : detik-Health Rabu, 04/01/2012 16:44 WIB

Tidak ada komentar: