Jumat, 18 Desember 2015

Kalender Wayang 2015

Nemu lagi kalender Wayang 2015....

Wayang Wahyu, wayang kulit dari surakarta / solo sebagai wayang dakwahnya umat nasrani....

Wahyu Toto negoro / wahyu cakraningrat


Dalam lakon ini usaha Abimanyu untuk mendapatkan wahyu cakraningrat mendapat saingan dari putra duryudana yaitu Lesmana Mandrakumala dan putra prabu kresna bernama raden samba. 

Lesmana dan samba gagal mendapatkan wahyu itu karena tidak tahan godaan, kresna tahu kalo yang mendapatkan wahyu itu adalah Abimanyu lalu kresna menikahkan abimanyu dengan salah satu putrinya yaitu Dewi Siti Sundari, berharap nanti keturunanya bisa menjadi raja di tanah jawa. 

Abimanyu cuma punya 1 ( Parikesit ) itupun keturunan hasil perkawinan dengan dewi utari ( putri p matswapati dari wirata ), wahyu cakraningrat harus kawin dengan penyandang wahyu widayat yaitu dewi utari, tetapi ada juga yang berpendapat bawah wahyu widayat sudah menyatu dengan diri abimanyu ketika masih dalam kandungan dewi subadra.

Wahyu cakraningrat itu kira - kira menurut pewayangan merupakan penjelmaan dari batara cakraningrat salah satu dewa di kahyangan suralaya, siapa menerima wahyu itu akan menjadi raja di tanah jawa. Jadi wahyu cakraningrat itu mengandung makna sapa cidra wahyune bakal sirna ( siapa yang curang wahyunya akan hilang ) wahyu ini jika dikejar dia akan lari menghindar, jika dihindari malah mendekat artinya wahyu itu mau menyatu pada orang yang benar - benar semestinya.





Kalender bulan Oktober 2015. "Wayang Kancil" pada umumnya tokoh - tokohnya digambarkan dalam bentuk binatang. Terlihat gambar kancil dengan buaya... Hehehe bukan lagi cicak melawan buaya..... Hahahaha kancil adalah gambaran tokoh yang cerdik sedangkan buaya menggambarkan nafsu angkara murka, apabila nafsu sudah menguasai maka akalnya pun akan hilang.... maka dengan mudah dikalahkan oleh kancil. Diatas langit masih ada langit.... Kancilpun dikalahkan oleh binatang siput/keong....


Sumber : Deddy Sulistyanto

Tidak ada komentar: