Sabtu, 20 Februari 2016

Lesbumi PBNU #5

"Lumajang Adalah Kerajaan Islam Pertama di Jawa"

Dalam pelajaran sejarah di sekolah kita didoktrin untuk yakin bahwa kerajaan lslam tertua di Jawa adalah Demak, dengan Raden Patah sebagai raja pertama. Tidak cukup itu, kita didoktrin untuk yakin bahwa Raden Patah adalah anak durhaka karena menyerang kerajaan ayah kandungnya yg beda agama. Sejarah dgn latar konflik inilah yg sistematis diwariskan kolonial Belanda kepada anak2 bangsa lndonesia melalui sekolah.

Bertolak dari sisa2 artefak dan ideofak yg dapat dilacak, kita temukan fakta bhw kerajaan lslam yg awal di Jawa bukanlah Demak, melainkan Lumajang yg menunjuk kurun waktu abad 12 awal, yaitu saat Singasari di bawah Sri Kertanegara. Sebagaimana disebut dalam prasasti Mula Malurung bhw kerajaan Lumajang yg merupakan bagian dari Singasari dirajai oleh Nararya Kirana, puteri Prabu Seminingrat Wisynuwarddhana. Saudara yg lain adalah Chakrawarddhana yg dirajakan di Madura. Sebagai putera mahkota adalah Kertanegara. Pada saat Kertanegara menjadi Raja Singasari yg bercita-cita mempersatukan Nusantara, putera Nararya Kirana yg bernama Arya Wiraraja mengabdi sebagai Demung di Singasari. Bagaimana seorang pewaris tahta Lumajang mengabdi sebagai demung, yg merupakan salah satu jabatan panca tandha?
Arya Wiraraja oleh keturunannya — klan Pinatih di Bali yg beragama Hindu — diyakini beragama lslam. Nah, dengan asumsi Arya Wiraraja muslim, akan dimaklumi tindakan Sri Kertanegara yg “tidak adil” kepada keponakannya itu, terutama saat Sri Kertanegara meluaskan wilayah dgn menyebarkan tidak saja kekuatan militer tetapi juga ajaran agama Tantrayana sekte tantra-bhirawa yg sejak awal sangat memusuhi lslam. Historiografi Jawa mencatat, Sultan Al-Gabah dari Rum telah mengirim 20.000 keluarga muslim untuk tinggal di Jawa, tetapi hampir seluruhnya tewas dimangsa siluman, brekasakan, banaspati (sebutan untuk pengikut Tantrayana yg dlm upacara ritualnya minum darah dan makan daging manusia-pen). Sultan A-Gabah dikisahkan mengirim ulama yg sakti memiliki karomah untuk ikhtiar agar Jawa dapat dihuni umat lslam. Di antara ulama sakti itu, satu yg dikenal penduduk Jawa dengan nama Syekh Subakir, yg menanam tumbal di Gunung Tidar.

Sikap Arya Wiraraja yg tidak sepakat dgn konsep Nusantara itu membuat Kertanegara marah dengan mengangkat Arya Wiraraja sebagai Raja di Madura. Kebijakan Kertanegara ini sangat memojokkan Arya Wiraraja, karena ia adalah keponakan sekaligus menantu Raja Madura, Nararya Chakrawarddhana. Dengan menjadi Raja Madura, Arya Wiraraja seolah-olah merampas hak Banyak Wide putera Nararya Chakrawarddhana. Arya Wiraraja sadar, konflik antara dia dgn Banyak Wide telah pecah karena ia tidak berani menentang keputusan Kertanegara.

Kebencian penganut Tantrayana terhadap lslam terlihat dari sikap kasar dan tindakan berlebihan yg dilakukan Kertanegara terhadap Meng Ki, utusan kaisar Cina Khublai Khan yg dilukai. Untuk menjatuhkan Kertanegara, Arya Wiraraja meminta kepada pamannya, Jayakatwang untuk merebut tahta Singasari yg saat itu tidak memiliki pasukan kuat karena pasukan utama dikirim ke Pamalayu. Kisah penyerangan mendadak Jayakatwang ke Singasari berakhir dgn tewasnya Kertanegara. Sanggrama Wijaya yg datang ke Madura dilindungi dan dihubungkan dgn Jayakatwang yg menghadiahi tanah di Tarik.

Sejarah pun mencatat bagaimana Arya Wiraraja beserta dua orang puteranya — Arya Nambi & Arya Menak Koncar — beserta pasukan Madura membangun keraton yg kelak dinamai Wilwatikta — Majapahit. Atas jasanya itu, Arya Wiraraja diangkat menjadi raja Lumajang. Arya Nambi diangkat menjadi patih (perdana menteri). Lawe anak Banyak Wide tidak terima hanya diangkat sebagai Rangga di Tuban. Ia ingin diangkat jadi patih. Itulah awal pecahnya pemberontakan Rangga bernama Lawe yg berakhir dgn tewasnya Lawe, dalam pertempuran di Tambak Beras.

Saat Sanggrama Wijaya mangkat digantikan Kalagemet yg bergelar Jayanegara, pecah aneka pemberontakan akibat hasutan Dyah Halayuddha Sang Mahapati (Nama Halayudha ditemukan sebagai salah seorang putera Jayakatwang). Arya Nambi yg pulang ke Lumajang untuk menjenguk ayahnya yg sakit, difitnah memberontak gara2 kembali ke ibukota terlambat untuk mengikuti pemakaman ayahandanya. Dengan pasukan besar yg dipimpin Mahapati, Arya Nambi beserta pengawalnya dihancurkan di benteng pertahanannya di Pejarakan di utara Lumajang.

Arya Menak Koncar, adik Arya Nambi diam2 masuk ke ibukota menemui Jayanegara melalirkan bahwa kakaknya tidak pernah berontak. Para perwira Majapahit pun mempersaksikan kejahatan Mahapati, sehingga sekembali dari Lumajang Mahapati tidak disambut sebagai pahlawan melainkan malah dibunuh.
Dengan meninggalnya Arya Wiraraja dan Arya Nambi, praktis tahta Lumajang diduduki Arya Menak Koncar yg bergelar Sri Nararya Wangbang Menak Koncar. Tokoh ini digantikan puteranya, Arya Wangbang Pinatih, yg juga muslim.

Pada saat Mahapatih Gajah Mada menjalankan politik persatuan Nusantara, putera raja Lumajang ikut ekspedisi penaklukan ke Bali. Itulah, awal keturunan Arya Wangbang Pinatih tinggal di Bali. Arya Wangbang Pinatih mangkat diganti Arya Wangbang Pinatih ll. Saat raja ketiga mangkat diganti Arya Menak Sumendi. Raja ke-5 Lumajang Arya Tepasana memiliki tiga putera dan tiga puteri.

Puterinya yg bernama Nyimas Ayu Tepasari diperisteri oleh Syarif Hidayatullah Sunan Gunungjati, yang menurunkan Pangeran Ratu yang menjadi leluhur sultan-sultan Cirebon. Puteri bungsunya, Nyimas Ayu Waruju diperisteri Raden Mahmud Pangeran Sapanjang putera Raden Ali Rahmat Sunan Ampel, menurunkan Nyai Wilis yang diperisteri Raden Kusen Adipati Terung.

Makam yg dikeramatkan oleh penduduk Lumajang dan keluarga Pinatih di Bali adalah makam area pemakaman kuno Arya Wiraraja yang di dalamnya terdapat makam Arya Menak Koncar dan keturunzannya. Area makam itu terletak di dusun Biting (benteng), Desa Kutorenon, Kec, Sukadana, Kab. Lumajang.


Narasumber: K.H. Agus Sunyoto

http://www.pesantrenglobal.com/lumajang-kerajaan-islam-tert…
http://pesantrenbudaya.blogspot.co.id/…/lumajang-kerajaan-i…

Foto Lesbumi PBNU.

Lesbumi PBNU
Sultan Algabah dapat ditemui di Kitab Musarar Babon saka ing Rum. Pada bagian awal disebut seperti ini:

iya iki kang kacarita/ Kangjeng Sultan ing Rum/ Kangjeng Sultan Algabah/ ambarengi ing sawiji dina/ amuja samadi ening/ ana ing sanggar palanggata
n/ nalika samana tampa sasmitaning Suksma/ kaya dene awewentehan, mangkana ujaring wangsit// Heh kalifahingsun, sira iku wus ingsun titah dadi kawulaningsun pamijen...dst.

Jadi nama tokoh Algabah itu bukan khayalan. Sebutan Rum, digunakan untuk menyebut wilayah di utara Persia yg dihuni ras Turania Turki.

Dengan bantuan The Penguin Map of Europe On A Conic Projection terbitan Michael Graham Publication (1985) yg detail dan njlimet, ditemukan kota kecil Algabas tidak jauh dari Sungai Ural, yg masuk wilayah Negara Kazakhtan.

Dengan perahu yg mengarungi Sungai Ural yg bermuara ke Laut Kaspia, tidak butuh waktu lama orang dapat mencapai Persia dan Azerbaijan....
Lesbumi PBNU
 Dalam Babad Cerbon dan Purwaka Caruban Nagari disebutkan bahwa Syekh Syarif Sunan Gunung Jati menikahi Nyai Tepasari puteri Ki Tepasana. Siapa Ki Tepasana? Dalam buku Tedhak Poesponegaran disebutkan bhw Raden Kusen adipati Terung menikahi Nyai Wilis, puteri Raden Mahmud wasta Pangeran Sapanjang putera Sunan Ampel yg menikah dgn Nyai Ayu Waruju, puteri Arya Tepasana adipati Lamajang. Arya Tepasana keturunan Arya Menak Koncar.

Jika Menak Koncar pengaruh sastra Melayu yg terpengaruh Hikayat Amir Hamzah yg masuk Jawa akhir abad 17, berarti nama Menak itu dari Melayu. Ini jadi aneh dan tidak masuk akal, karena Babad Sembar, Babad Bayu, Babad Blambangan, Babad Tawangalun, Serat Kandhaning Ringgit Purwa sdh memuat nama-nama Menak untuk tokoh-2 bukan muslim seperti Menak Badong, Menak Cablang, Menak Gadru, Menak Sapethak, dll.

Jika nama Menak Koncar dianggap fiktif baru muncul setelah pengaruh Hikayat Amir Hamzah, berarti menunjuk bukti sebagai orang tidak membaca naskah lama. Asal tahu: nama MENAK KONCAR sdh disebut dalam PARARATON yg disusun J.L.A. Brandes "Pararaton (Ken Angrok) of het boek der Koningen van Tumapel en Madjapahit (1920) & Th. G. Th Pigeaud dalam LITERATURE OF JAVA, 4 jilid, 1967-1980. Menak Koncar tokoh historis bukan fiktif. Keturunan beliau di Bali, trah Arya Pinatih, tiap tahun ziarah ke Biting.

Tidak ada komentar: