Senin, 02 Juni 2014

Cara Mengembalikan Data USB Error Bertulisan Retry

Saat keadaan kalut data error, kita pun bingung panik. Waduh gimana caranya neh,.. padahal event atau catatan penting lagi isi dari Memory card / USB di kamera digital. Jangan khawatir, dibawah ini ada cara untuk mengembalikan data isi memory card  / USB yang error bertulisan Retry padahal isinya belum penuh.

Cara mengembalikan data usb yang error bertulisan retry sebagai berikut :
Cari software GetDataBack for FAT (Version 3.03)




 Setelah muncul gambar Runtime Software. Pilih GetDataBack FAT

Setelah GetDataBack FAT diklik terus akan muncul Welcome to GetDataBack for FAT. Pilih Systematic file system Damage, e, g Format or Disk. Klik Next.

Lalu akan muncul Step 1 Select Drive. Plih Physical drives yang 2nd hard drive 3.69 GB (HD129:) lalu klik yang bertulisan 1st partition (FAT32) 3.69 GB dan biarkan data memproses searching hingga lengkap kemudian klik Next.

Setelah selesai memproses searching Step 1, klik NEXT. Nanti akan muncul Step 2 Select File System. Setelah selesai memproses searching. Klik lagi tulisan NEXT.
Lalu setelah selesai Step 2, klik Next. Terus nanti akan muncul Step 3 Recovery Tree dan biarkan memproses searching simpan data.
Kemudian lihat ke folder yang tersimpan di hardisk. Data akan muncul kembali, sementara itu USB atau memory card akan kosong seperti sedia kalah.

Selesai.

Catatan : 
  • Kalau masih tidak ada data yang terdeteksi. Kembali lagi ke Welcome to GetDataBack for FAT pilih yang Sustained file system damage, e.g. a new operating system was installed. 
  • Paling penting, WARNING. Apabila kita akan memindahkan file/gambar/foto isi yang ada di memory card kamera digital, jangan di cut terus di pindah ke komputer. Ada baiknya di copy paste, nanti setelah selesai foto masuk ke komputer, baru dihapus atau biarkan tersimpan di memory camera digital. Karena apabila kita cut terus koneksi fort tempat usb agak kendur atau langsung terkena virus bertulisan retry hilang isi yang ada di memory/USB tersebut akibat tidak terdeteksi.   
Contoh gambar error saat memindahi data dari memory card kamera digital ke hardisk komputer. Saat klik cut lalu tahu - tahu ada tulisan retry, padahal foto baru sedikit yang masuk ke hardisk. 
 
Saat selesai memulihkan memory card dari virus - virus yang sangat jahat. Timbulnya foto - foto hilang tidak tersimpan (save). Alhasil moment ivent kirab budaya hilang tidak tersimpan. Hadeh, nasip.........

Sumber : DWI MURIANTO S.Kom

Tidak ada komentar: