Senin, 14 April 2014

Cara Membuat Kue Kering (Nastar dan Kacang)

Cara membuat kue kering sudah pasti ingin diketahui oleh setiap ibu rumah tangga. Bukan hanya para ibu saja yang ingin membuat kue kering, tetapi juga mereka yang memiliki hobi membuat kue. Terlebih lagi sekarang ini kita sudah mendekati hari raya Idul Fitri ataupun Lebaran, sehingga harus menyediakan aneka kue kering selain ketupat dan opor ayam di rumah untuk disuguhkan kepada para tamu yang datang berkunjung untuk bersilaturahmi.

Pada umumnya cara membuat kue kering sangatlah mudah. Terdapat berbagai kue kering yang populer dan merupakan makanan khas di hari Lebaran seperti kue nastar, kue kacang, castangel, semprit, dan lain sebagainya.

Berikut adalah cara membuat kue kering yang cocok disuguhkan pada hari raya Idul Fitri.

Kue Nastar
  1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 4 butir telur ayam, 120 gram gula halus, 50 gram mentega, 3 sendok makan susu bubuk, 2 sendok makan tepung maizena, 450 gram tepung terigu (atau bisa disesuaikan sesuai tekstur adonan), dan juga 2 butir telur yang mau diambil kuningnya saja sebagai bahan pengoles kue.
  2. Sementara bahan-bahan untuk pembuatan isi kuenya berupa selai nanas antara lain : 1 buah nanas yang sudah dikupas bagian kulitnya dan diparut halus, 175 gram gula pasir, 4 cengkeh, dan 8 cm kayu manis.
  3. Cara membuat selai nanas : masukkan nanas yang sudah diparut halus ke dalam penggorengan bersama dengan seluruh bahan lainnya. Masaklah dengan menggunakan api kecil saja agar tidak cepat hangus. Terus aduk dengan spatula hingga tidak berair lagi. Setelah itu angkat dan diamkan. Jika sudah dingin, bentuk selai nanas menjadi bulat seperti kelereng. Pastikan semua dibentuk dengan sama besar.
  4. Cara membuat kue nastar : Kocok mentega bersama dengan gula halus, masukkan tepung terigu, kuning telur, susu bubuk, dan tepung maizena. Terus kocok adonan hingga merata kira-kira 15 menit. Setelah itu dinginkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu kita baru bisa membuat nastar dengan mengambil adonan secukupnya, pipihkan seperti menjadi kulit dan masukkan kelereng selai nanas yang sudah dibentuk tadi. Usahakan agar selai nanas bisa tertutup rapat agar tidak bocor dan lengket di Loyang. Panaskan oven, dan susun nastar di loyang berjarak satu cm. Panggang selama 15 menit dan keluarkan dari oven. Oleskan kue nastar dengan kuning telur dan panggang lagi hingga matang merata. 
Kue Kacang
  1. Siapkan bahan-bahannya seperti setengah kilogram tepung terigu, 250 gram gula halus, 250 gram kacang tanah yang sudah disangrai dan ditumbuk, 250 gram minyak goreng (usahakan pilih yang berkualitas), 1 sendok teh vanili, dan 2 butir telur kuning ayam untuk pengoles.
  2. Cara membuat kue kacang : pertama-tama ayak tepung terigu dan gula halus. Setelah itu masukkan kacang tanah, vanili, dan minyak goreng lalu aduk hingga merata. Kemudian bentuk adonan kira-kira setebal 5mm (bisa disesuaikan dengan keinginan asal semuanya sama besar). Cetak dengan menggunakan alat pencetak sesuai selera, bisa berbentuk hati, bunga, bulan sabit, daun, dan sebagainya. Setelah itu letakkan di atas loyang yang sudah dioleskan dengan mentega. Jangan lupa mengolesi bagian atas kue dengan kuning telur yang sudah diaduk rata. Kemudian panggang kue kacang kira-kira 20 menit hingga matang merata.
Cara membuat kue kering bisa dipraktekkin kan? Semoga kuenya bisa jadi dan rasanya enak.

http://www.banghuda.com/2013/07/cara-membuat-kue-kering-nastar-dan.html

Tidak ada komentar: