Minggu, 06 April 2014

Arti Jenius Sebenarnya

Apa Sih Arti Jenius Menurut Anda..???
Mampukah Sekolah-sekolah di Indonesia melahirkan anak Jenius Dunia..???
inilah jawabanya:

Dari hasil talkshow yang pernah saya lihat, terlihat bahwa banyak anak-anak Indonesia yang berpikir bahwa JENIUS itu adalah apa bila berhasil menguasai semua mata pelajaran di sekolah dengan nilai bagus.

Sementara jika PARA JENIUS DUNIA SENDIRI DI TANYA TENTANG APA ARTI JENIUS MENURUT DIRINYA maka beginilah komentar mereka:
  1. Albert Einstein Jenius dalam bidang Fisika Quantum:  Jenius adalah apa bila kita selalu menggunakan otak kita untuk berpikir menciptakan sesuatu yang belum pernah di ciptakan oleh orang lain di dunia ini.
  2. Thomas Alfa Edison Jenius Mekanika Elektronika dengan 1000 temuan yang di patenkan:  Jenius adalah  1% ide dan kemauan dan 99% Kerja keras.
  3. Steven Spielberg Jenius Sinematografi pencipta film-film BOX OFFICE ET, Jurasic Park, Transformer dll :  Jenius adalah apa bila ada melakukan aktivitas yang anda sukai dengan sepenuh jiwa.
  4. Tiger Woods Jenius Golf  Hole in one:  Jenius adalah ”To love my play”  Menikmati permainanku.
  5. Leonardo Da Vinci Jenius di berbagai bidang, seni lukis, ukir, pahat logam, arsitek kota, pembuat senjata, atlet penunggang kuda, Biologi, anatomi, astronomi, Chemist, Pengobatan hingga memasak:   Jenius adalah Falling in love with Science.
  6. Vincent Van Goh Jenius Seni lukis:  Jenius adalah beda-beda tipis antara pintar dan sinting.
  7. Sir Winston Churchil Jenius Leadership dan Strategi Perang:  Jenius adalah Tidak mengenal kata menyerah.
  8. Prof Howard Gardner Professor di bidang Pendidikan dan Psikologi dr Harvard, pencetus teori Multiple Intelligences:  Jenius adalah potensi bawaan lahir yang dimiliki oleh setiap anak, yang berhasil di gali dan di kembangkan sampai tingkat maksimal oleh orang tua dan lingkungannya.
Banyak lagi komentar dari para jenius dunia lainnya seperti Kahlil Gibran, Stephen Hawking, Mozart tentang jenius.... yang ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan Makna Jenius yang di pahami oleh anak-anak di sekolah.

Yang mengerikan adalah anak-anak memaknai Jenius adalah :
  • Nilai baik di semua pelajaran;  padahal nilai itu sendiri berasal dari soal-soal yg sudah ada jawabannya di buku itu artinya sangat bertentangan dengan pendapat Albert Einstein tentang Jenius.
  • Nilai baik di semua pelajaran: padahal para jenius itu rata-rata hanya ahli di satu bidang saja, hanya satu orang di dunia yang bernama Leonardo Da Vinci yang Jenius hampir di banyak bidang tapi bukan mata pelajaran.
  • Nilai baik di semua pelajaran: itu artinya tiap anak harus mencintai semua bidang mata pelajaran meskipun faktanya belum pernah ada murid yang menyukai semua pelajaran termasuk para jenius dunia sendiri.
  • Mana ada orang-orang terkenal dan maestro dunia yang hebat di berbagai bidang. Masih ingatkah dengan perbedaan tiga Rudy:  Rudy Hadi Suwarno ( penata rambut professional ), Rudy Choirodin    ( koki ) dan Rudi Hartono (  pebulu tangkis )...?
  • Anak-anak Indonesia menganggap bahwa jenius adalah milik segelintir orang dan anugrah Tuhan hanya pada anak-anak tertentu.  Padahal fakta penelitian dari Prof. Howard Garner menunjukkan bahwa setiap anak berpotensi untuk jadi jenius, tapi orang tua dan lingkunganlah yang sering kali telah membunuh potensi jenius mereka.
Jadi anak-anak Indonesia harus di dukung sesuai dengan kemampuan di bidang tertentu yang di sukainya bukan untuk mempelajari semua hal yang belum tentu di sukainya di sekolah.

Jika anak-anak, para orang tua dan guru-guru di Indonesia masih memahami bahwa jenius adalah nilai bagus di semua mata pelajaran maka ini bisa di pastikan bahwa Sekolah-sekolah di Indonesia tidak akan pernah bisa melahirkan anak-anak jenius Sekaliber Einstein, Mozart, Thomas Alfa Edison dsb....

Wassalam

http://kumpulanmateri-smkmultimedia.blogspot.com/2012/08/arti-jenius-sebenarnya.html

Tidak ada komentar: