Selasa, 23 April 2013

Kelapa Sawit

Arifin D (Palm oil research institute of Malaysia) menunjukkan bahwa kebun yang dipupuk dengan unsur hara makro seperti nitrogen, potassium dan kalium dapat meningkatkan kesehatan tanaman. Akan tetapi kekurangan unsur hara mikro seperti Baron(B), Tembaga(cu), serta Magnesium(Mg) meningkatkan resiko serangan penyakit. Maka dari itu diperlukan pemupukan dengan memakai pupuk cair dan pupuk organic padat.
 
Pupuk cair
 
Larutkan 125 ml pupuk organic cair dengan 10 liter air bersih kemudian buat 4 – 6 lubang dibawah tajuk dan tuang 0,5 liter larutan kesetiap lubang lakukan 10 hari sekali. Lakukan juga penyemprotan ke daun 3 hari sekali dengan larutan pupuk organic cair dengan konsentrasi 2 ml per liter air.
 
Pupuk organic
 
Azotobacter sp, azosspirilium sp, mycorrhiza sp, rhizobium sp, aspergillus sp, lactobacillus sp dan saccharomyces sp kandungan mineral N,P,K dan asam amino seperti : asparagine, glycine, methionine efektif melawan mikroba pathogen dalam  tanah.
Pupuk itu bekerja dengan cara meningkatkan populasi mikrob ”baik” untuk melawan mikrob pathogen yang merugikan tanaman sawit.
 
Sumber : Trubus 519 Februari 2013/XLIV

Tidak ada komentar: