Rabu, 03 Desember 2014

Waspada, El Nino.

Waspada, El Nino 'Hantui' Purworejo

PURWOREJO (KRjogja.com)  – Memasuki musim penghujan, warga masyrakat di wilayah Kabupaten Purworejo diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Mengingat  hujan yang terjadi di Purworejo tergolong ekstrim.

Kabid Kegawatdaruratan dan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Hardoyo  mengatakan, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa badai El Nino menjadi penyebab curah hujan menjadi ekstrim untuk wilayah Jawa Tengah Selatan.

“Dari informasi itu disebutkan bahwa hujan ekstrime ini terjadi pada dasarian ke tiga bulan November hingga Januari 2015.  Kondisi ini tentu membuat kami terus meningkatkan kwaspadaan,” jelasnya.

Dijelaskan, karakteristik dari sifat ujan ekstrim ini, yakni hujan sering terjadi secara tiba-tiba, bahkan terkadang sangat deras, sedang dan bisa disertai panas.

“Dampaknya telah dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan. Saat ini longsor dengan skala ringan telah terjadi di beberapa titik. Bahkan di beberapa lokasi menyebabkan kerusakan rumah dan akses jalan terputus,” katanya seraya menambahkan, puncak musim hujan ini diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari mendatang. (Nar)

Sumber: http://krjogja.com/read/239630/waspada-el-nino-hantui-purworejo.kr

Badai El Nino

Badai El Nino menjadi penyebab curah hujan menjadi ekstrim untuk wilayah Jawa Tengah Selatan.

Karakteristik dari sifat ujan ekstrim ini, yakni hujan sering terjadi secara tiba-tiba, bahkan terkadang sangat deras, sedang dan bisa disertai panas.

Tidak ada komentar: