Minggu, 14 Desember 2014

Pendaki Gunung Indonesia

Di dunia pendakian ini ada banyak orang dengan beragam sifatnya yang bisa diklasifikasikan menjadi jenis-jenis pendaki tertentu. Mau tau apa aja?

1. Pendaki Nubie
Pendaki yang satu ini bisa dibilang orang yang belum pernah mendaki tapi niat-banget-pengen-mendaki dan terjun bebas di dunia pendakian. Doi bakalan kerja keras googling sana sini, tanya kanan kiri, demi mendapatkan informasi seputar dunia pendakian dan gunung mana yang akan dia daki pertama kali sesuai dengan kemampuannya. Pendaki nubie bakalan olahraga secara teratur untuk menghadapi pendakian pertamanya. Layak ditiru, pantas dicontoh, dan oke untuk dijadikan panutan.

2. Pendaki Senior
Namanya juga senior, pendaki jenis ini tentunya udah malang melintang di dunia pendakian, selain karena pengalamannya, tentu aja karena umurnya yang biasanya udah sepuh. Maksudnya tuaan dikit. Sebut aja gunung mana di Indonesia yang belum dia jamah, bahkan mungkin gunung di luar Indonesia pernah dia jajaki.

3. Pendaki Sejati
Pendaki jenis ini adalah pendaki yang sifatnya down to earth banget. Dia diem-diem aja anaknya, tapi... pengalamannya di dunia pendakian gak usah ditanya. Prinsip-prinsip pendakian juga dia pegang teguh. Survival skill-nya boleh diadu. Kematangan pikirannya boleh dijelajahi. Event-event pendakian macam 7summit, 20 hari 20 gunung, bersih gunung, elap gunung, marathon di gunung, mungkin pernah dia lakukan. Kontribusinya buat alam jangan ditanya. Jenis pendaki ini adalah pendaki yang top markotop dan selalu menerapkan 7 Hal Baik Yang Bisa Dilakukan di Gunung.

4. Pendaki 5cm
Tipe pendaki ini ditemukan baru-baru aja setelah booming-nya film 5cm. Baru-baru ini makin banyak orang-orang yang maunya dipanggil juple ketimbang nama aslinya, karena merasa sifatnya mirip si Juple. Ada juga yang pengennya dipanggil ian mungkin karena berat badannya sama. Atau Genta? Atau Riani? Atau ah... aku lelah. Kebanyakan dari para pendaki 5cm ini, menurut yang gue baca, adalah pendaki yang tiba-tiba muncul di event dengan jumlah pesertanya bisa ratusan bahkan ribuan. Sampe sekarang kadang gue masih gak habis pikir, itu mendaki gunung apa umroh sih. Oiya, tentu aja gunung yang incarannya adalah gunung Semeru. Dan serasa di film, kadang pendaki ini asal mendaki aja tanpa persiapan lengkap, kan di film semuanya serba enteng dan happy ending, cyin. But remember, reality bites. *OHOK*

5. Pendaki Rempong
Pendaki jenis ini punya contoh yang paling dekat, yaitu gue. Tanya sama temen-temen yang udah pernah mendaki bareng gue. Gimana bawelnya gue nanya logistik, ini itu sampai detail. Gimana gue yang mau manjat sehari semalem aja bawaannya kayak mau pindahan rumah. Gimana bawa baju, udah ada serep, masih ada serep lainnya. Gimana.. ah rempong pokoknya!


Sumber: Teman Facebook Backpacker Indonesia berbagi foto Pendaki Gunung Indonesia.

Tidak ada komentar: