Rabu, 16 Juli 2014

Jangan Hanya Berharap: 6 Langkah untuk Membuat dan Mencapai Tujuan Hidup

Antoine de Saint Exupery berkata, “Tujuan tanpa rencana hanyalah... keinginan.” Jadi, berhentilah berharap dan mulailah bertindak. Pertanyaannya adalah bagaimana cara seseorang menetapkan tujuan?

Apakah Anda tahu apa yang Anda inginkan dari kehidupan Anda atau apakah Anda hanya menjalaninya saja dari hari ke hari dan tahun ke tahun? Misteri dan ketidakpastian kehidupan Anda hilang setelah Anda memutuskan apa yang ingin Anda capai selama hidup Anda dan menetapkan tujuan untuk menuntun ke arah yang Anda inginkan. Antoine de Saint Exupery berkata, “Tujuan tanpa rencana hanyalah... keinginan.” Jadi, berhentilah berharap dan mulailah bertindak. Pertanyaannya adalah bagaimana cara seseorang menetapkan tujuan?

1. Tentukan apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda ketika Anda tua kelak

Pada saat itu, apa yang akan menjadi penting bagi Anda? Pertimbangkan hal-hal berikut: rohani dan etika, keluarga dan rumah, keuangan dan karir, jasmani dan kesehatan, sosial dan budaya, serta mental dan pendidikan. Untuk memperoleh kehidupan yang seimbang, semua ini harus dipertimbangkan. Apa yang akan menjadikan Anda bahagia agar Anda dapat meninggal dengan tenang? Pertimbangkan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang ingin Anda tinggalkan.

Berdoalah tentang hal itu

Luangkan waktu untuk berdoa dan memohon bimbingan dan ilham. Sang Pencipta ingin kita mempelajari sendiri tentang segala sesuatu dan membuat keputusan yang baik. Mintalah konfirmasi atas keputusan Anda. Jika Anda tidak memiliki perasaan baik tentang itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali.

Buatlah gol-gol

Pertimbangkan setiap bidang kehidupan Anda secara terpisah dan tulislah gol-gol yang jelas dan dapat diukur.

Catatlah

Jika Anda merasa baik tentang hal itu, catatlah dengan cara yang positif. Jangan menulis apa yang tidak Anda inginkan, tetapi menulislah secara positif. Mencatat membuat semuanya nyata. Ini adalah gol-gol hidup Anda, tujuan Anda.

2. Lihatlah di mana Anda ingin berada 5 hingga 10 tahun dari sekarang

Apa yang dapat Anda lakukan saat ini untuk mencapai gol-gol Anda di setiap bidang? Ini hendaknya menjaga Anda tetap di jalan menuju tujuan akhir Anda.

Sertakan rincian

Anda tahu tujuan Anda tetapi itu selalu membantu untuk tiba di tempat tujuan Anda jika Anda punya peta. Isilah peta perjalanan Anda dengan lebih banyak rincian. Apa yang ingin Anda capai saat ini?

Kumpulkan dukungan

Berbagilah gol-gol Anda dengan orang-orang di sekeliling Anda. Temukan kelompok pendukung Anda dan tetaplah berhubungan dengan mereka. Jangan biarkan sikap negatif dari keluarga, teman, dan tetangga menjauhkan Anda dari gol-gol Anda.

3. Putuskan di mana Anda ingin berada tiga tahun dari sekarang

Apa yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat mencapai tujuan akhir Anda? Anda akan mengalami lebih banyak kemajuan apabila gol-gol Anda semakin terperinci.

4. Kemudian, buatlah rencana satu tahun, rencana enam bulan, dan rencana satu bulan

Buatlah rencana gol-gol yang semakin kecil yang hendaknya Anda capai pada saat ini untuk mencapai tujuan hidup Anda. Masing-masing harus berdasarkan pada rencana sebelumnya.

5. Sekarang, buatlah daftar tugas untuk dilakukan hari ini atau minggu ini

o        Jadilah spesifik.
o     Ukurlah gol Anda dengan upaya, bukan dengan hasil. Ada banyak hal yang berada di luar kendali kita.
o        Pastikan itu dapat dicapai tetapi juga tidak terlalu mudah.
o        Berikan penghargaan kepada diri sendiri atas gol-gol lebih besar yang telah dicapai.
o        Lacaklah pencapaian Anda.

6. Kaji ulang dan sesuaikan

Belajarlah dari pengalaman Anda. Evaluasi kembali rencana tindakan Anda bila diperlukan untuk melihat apakah itu masih konsisten dengan keinginan batin dan visi kehidupan Anda. Sangatlah mudah untuk menjadi teralihkan.

Jangan hanya menyimpan jauh-jauh gol-gol Anda dan melupakannya. Lihatlah gol-gol Anda setiap hari dan pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapainya. Upayakanlah, kemudian periksalah kemajuan yang telah Anda buat. Dengarkan mentor seperti Napoleon Hill. Semua 13 pesannya dapat ditemukan di YouTube di Primeau Productions.

Sekarang Anda punya visi jangka panjang dan motivasi jangka pendek. Jika Anda menemukan bahwa hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda harapkan atau rencanakan, janganlah berkecil hati. Coba lagi besok. Pastikan Anda tetap pada target. Tetaplah bersikap positif. Anda telah merencanakan kehidupan Anda. Anda mungkin harus mencari rute alternatif ketika Anda menghadapi tantangan, tetapi tetaplah di jalan Anda dan Anda akan berhasil.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Don't just wish: 6 steps for making and achieving life goals" karya Marian Griffith.

Sumber: http://keluarga.com/jangan-hanya-berharap-6-langkah-untuk-membuat-dan-mencapai-tujuan-hidup

Tidak ada komentar: