Selasa, 31 Desember 2013

Nirvana Dijadikan Hari Peringatan

Meski grupnya sudah tiada, pengaruh Nirvana masih tetap ada hingga kini. Hoaquim, sebuah kota kecil di Negara Bagian Washington, Amerika Serikat, akan mengadakan "hari raya" Nirvana pada 10 April 2014. Ini merupakan perayaan pertama yang pernah diselenggarakan untuk grup Nirvana.

Padahal, selama ini, Nirvana dikenal berasal dari Kota Seattle yang juga masih bagian dari Washington. Menurut Wali Kota Hoaquim, Jack Durney, kotanya tidak terkait langsung dengan Nirvana, namun Kurt Cobain pernah tinggal di kota tersebut meski hanya dalam waktu singkat.

Kota yang memiliki populasi kurang dari 10.000 orang tersebut hanya berjarak sekitar 6 km dari kampung halaman Kurt Cobain yang sebenarnya, Aberdeen.

Durney juga berpendapat bahwa Nirvana layak untuk diperingati. "Mereka membawa kehormatan besar, yang menurutku, untuk seluruh masyarakat kami.

Aku pikir bahwa itu bagus karena Kurt Cobain pernah tinggal di Hoquiam walaupun hanya untuk sementara waktu. Dia dan Krist Novoselic adalah bagian dari komunitas kami. Dan aku pikir itu bagus menghormati anak-anak kami dan prestasi besar mereka," katanya dalam wawancara dengan radio lokal.

Peringatan tersebut sekaligus bertepatan dengan masuknya nama Nirvana dalam museum bergengsi, Rock N Roll Hall of Fame. Museum ini didedikasikan bagi pelaku di industri musik yang telah memberi pengaruh besar.

Peresmian Nirvana akan berbarengan dengan Kiss dan Cat Stevens. Nirvana adalah band yang dibentuk oleh Kurt Cobain dan Krist Novoselic pada 1987, dengan drummer Dave Grohl bergabung pada 1990. Band ini hanya merilis tiga album sebelum Cobain bunuh diri pada 1994. afz/R-5

Tidak ada komentar: