Sabtu, 11 Agustus 2012

Mengenal Dunia Pemasaran

Pemasaran adalah proses yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan nilai (value) bagi pelanggan dan membangun relasi pelanggan yang kuat dalam rangka meraih nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Untuk itu kita harus mengerti manfaat dan keunggulan produk yang akan dipasarkan.

Tujuan pemasar adalah memperhatikan keterbatasan menjadi prioritas yang ditujukan ke pasar dengan melihat sumber daya kompetensi dan akses sebagai daya tarik agar berminat untuk dimiliki. Wujud timbal balik tersebut maka terjadilah pertukaran antara pemasar dengan pasar yang mendonasikan profit sebagai tujuan akhir.

Filosofi pemasaran dicermati secara perspektif dari berbagai konsep diantaranya :
  • Konsep produksi : produksi massal, distribusi intensif, harga terjangkau.
  • Konsep produk : kualitas, kinerja, fitur inovatif.
  • Konsep penjualan : promosi gencar, penjualan agresif.
  • Konsep pemasaran : memahami dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, integritas bauran  pemasaran, penjualan dan laba adalah konsekuensi pemuasan pelanggan.
  • Konsep pemasaran sosial : keseimbangan kepentingan perusahaan, konsumen, dan masyarakat umum.
Konsep pemasaran dilakukan dengan cara meriset pasar, apa yang dibutuhkan dan siapa yang memerlukan harus disesuaikan secara efektif, inovatif dan fleksibel. Sebab mengapa orang membeli produk kita karena bagus, murah dan berbeda secara relevan harus mengenai target dan disertai merk sebagai ciri khas perusahaan.

Bauran pemasaran (7P):
  • Produk (product)
  • Harga(price)
  • Tempat (place)
  • Promosi (promotion)
  • Manusia (people)
  • Proses (proses)
  • Physical evidences
Nah teman-teman tinggal mencocokan karakter yang sesuai kemampauan anda. Mau jadi apa yang penting usaha. Jadi dengan memilah dan memilih mana yang baik dan benar, semoga kebutuhan hidup tercukupi dengan mensyukuri apa yang ada dan terpenuhi impian yang didambakan. "Baik untuk diri sendiri belum tentu baik untuk orang lain". Mari tetap semangat, hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Cintailah produk - produk Indonesia. Merdeka, merdeka, merdeka,..

Sumber : Fandy Tjiptono dosen fakultas ekonomi Atmajaya Yogyakarta. Pelatihan pemasaran dan pemanfaatan internet, paguyugan AYUB Yogyakarta dan PPEB EFE UAJY, Hari kartini 2012. pembicara : Toto Dwi Santoso

Tidak ada komentar: