Rabu, 29 Agustus 2012

3 Tolok Ukur Kinerja Usaha Kecil

Saat membahas mengenai usaha kecil menengah, kita perlu membicarakan pula cara mengevaluasi kinerjanya. Saat indikator Anda "menyala", Anda perlu waspada dengan keadaan dan segera menemukan sumber permasalahan agar tidak makin parah dan membelit perusahaan yang tengah dibangun.

Berikut adalah 3 jenis tolok ukur yang perlu digunakan oleh entrepreneur saat ingin memastikan dengan akurat kinerja usaha kecil yang ia bangun.

1. Arus kas
Kegagalan untuk menyusun anggaran yang baik dan mematuhinya serta mengelola aset keuangan yang dimiliki merupakan beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena kerap menjadi alasan runtuhnya sebuah usaha. Evaluasi kegiatan keuangan Anda melalui pengeluaran bisnis dan pendapatan yang masuk. Haruskah Anda membeli mesin cetak baru sekarang atau bisa ditunda hingga bulan depan? Dengan membandingkan hasil-hasil tersebut dengan kinerja sebelumnya, Anda akan mampu mengetahui dan mengukur dengan baik pengeluaran anggaran bisnis di masa datang.

2. Trafik situs
Bahkan jika Anda adalah satu-satunya motor penggerak perusahaan, Anda masih harus membuat sebuah situs bisnis dan e-commerce. Dengan menggunakan alat analisis dari Google, Anda bisa mengukur trafik pengunjung di situs Anda dan mendapatkan analisis mendalam mengenai perilaku konsumen saat mereka mengunjungi situs Anda. Di samping mengetahui jumlah trafik, Anda juga bisa mengukur tingkat konversi e-commerce dan menyesuaikannya dengan kebutuhan untuk mendorong kinerja secara umum.

3. Kepuasan konsumen
Ketahui konsumen Anda. Apakah mereka merasa puas dengan produk dan jasa yang Anda berikan? Salah satu cara terbaik untuk mengukur kepuasan konsumen ialah dengan mendengarkan percakapan mereka. Amatilah secara rutin situs-situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya. Di sanalah, Anda berpeluang menemukan keluhan, ulasan dan rekomendasi bisnis Anda.

Seperti sebuah mobil yang membutuhkan perawatan, bisnis baru Anda juga memerlukan hal serupa. cermatlah dalam mengamati indikator mana yang paling krusial bagi keberhasilan bisnis Anda secara umum dan ambil tindakan nyata dalam mengukur keberhasilan tersebut. (*AP)
http://www.ciputraentrepreneurship.com/mobile-tolok-ukur-kinerja-usaha-kecil.html

Tidak ada komentar: