Selasa, 25 Februari 2014

Greg Tseng Yuchang, Pendiri Tagged

Pada Februari 2009, seorang guru sekolah menengah di Amerika telah ditangkap oleh pihak yang berwajib setelah diketahui bahwa ia telah berhubungan seks dengan seorang gadis berusia 14 tahun. 

Tersangka mengakui bahwa ia mengetahui dan bertemu dengan gadis tersebut lewat situs jejaring sosial Tagged.com. 

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, tersangka yang telah berusia 32 tahun itu, di dalam situs tersebut ternyata telah memiliki lebih dari 100 teman wanita yang berusia di bawah 17 tahun. 

Tagged adalah salah satu situs jejaring sosial yang cukup populer di Amerika, dan sebagaimana situs sejenis yang lain, Tagged pun tak luput turut dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 

Tagged.com dibuat oleh dua orang warga Amerika pada 2004. Salah seorang penciptanya adalah seorang pemuda Amerika berdarah Tionghoa yang bernama Greg Tseng.

Greg Tseng Yuchang, lahir pada 14 November 1979 di Taipei, Taiwan. Tseng kemudian tumbuh besar di Amerika Serikat, yaitu di McLean, Virginia. 

Ia menjalani pendidikan sekolah menengahnya di Thomas Jefferson High School for Science and Technology. 

Ketika masa sekolah menengah ini, Tseng cukup banyak meraih berbagai penghargaan dalam bidang matematika dan sains. 

Di antaranya adalah: menduduki peringkat 9 pada kompetisi matematika tingkat nasional pada 1993, menduduki peringkat pertama pada ujian matematika tingkat SMA seluruh Amerika pada 1994, Tseng juga selalu masuk dalam kontingen Olimpiade Matematika dari Amerika sejak tahun 1994 sampai 1997. 

Berbekal penelitiannya yang berjudul “Development of a Fiber Optic Evanescent Wave Ion Sensor With Interchangeable Probes Adaptable for Field Aplication”, Tseng masuk sebagai salah satu finalis pada Westinghouse Science Talent Search pada 1997. 

Karya Tseng ini juga mendapat pujian dari berbagai pihak, salah satunya dari Fairfax County School Board. 

Penelitian milik Tseng juga ditampilkan dalam The American Physical Society’s A Century of Physics Timeline.

Tahun 1997 hingga 2004, Tseng aktif pada penelitiannya dalam bidang nano teknologi di The Mitre Corporation, Harvard University, dan Stanford University. 

Ketika di Mitre Corporation, Tseng sempat menulis pada sebuah jurnal ilmiah dengan sebuah artikelnya yang berjudul “Menuju Nano Komputer”.  

Di Harvard, Tseng memperoleh gelar AB dalam bidang Kimia, Fisika, dan Matematika pada tahun 2001. 

Di Harvard ini Tseng juga menulis sebuah artikel pada jurnal ilmiah dengan judul: “Carbon Nanotube-Based Nonvolatile Random Access Memory for  Molecular Computing”. 

Sedangkan di Stanford, ia melakukan penelitiannya pada Gordon Goldhaber Group untuk mengejar gelar Ph.D dalam bidang fisika.

Selama di Harvard, Tseng juga sempat melakukan kerjasama dengan rekannya yang bernama Johann Schleier-Smith. 

Awalnya mereka membuat sebuah proyek yang bernama Jumpstart yaitu sebuah program bisnis dari internet. 

Proyek Jumpstart ini termasuk program online matchmaker bernama CrushLink dan sebuah situs sosial network bernama hi5.
Pada Oktober 2004, Tseng dan Johann bekerjasama untuk mendirikan situs jejaring sosial yang bernama Tagged. 

Di luar dugaan, Tagged.com yang bermarkas di San Francisco, California, Amerika, ternyata mampu menduduki tiga besar situs jejaring sosial yang paling digemari di Amerika. Dan sejak 2009, Tagged.com selalu berada pada peringkat di atas 150 website paling populer di dunia. 

Tseng dan Johann berambisi untuk menjadikan Tagged sebagai sebuah “Teen Yahoo” atau “The next MTV”.

Oleh Tseng dan Johann, tagged dirancang sebagai sebuah tempat untuk menemukan kenalan-kenalan baru, berbagi pengalaman, menjalin persahabatan dengan orang lain, menemukan pasangan, bahkan juga sebagai media untuk menawarkan sebuah produk baru. 

Situs ini juga memungkinkan para penggunanya untuk membuat profil mereka sendiri, menambahkan widget, mengupload video untuk profil, mengupload photo, bermain game online, memberi dan menerima hadiah, serta masih banyak lagi aplikasi yang lain.
Untuk melindungi para penggunanya yang sebagaian besar adalah kaum remaja, Tagged.com melakukan kebijakan penting dengan cara menyembunyikan atau tidak menampilkan secara penuh profil anggotanya yang masih berusia di bawah 17 tahun. 

Tagged juga hanya dibuka bagi para anggota yang mendaftar dengan usia 13 tahun ke atas. 

Namun usaha pengamanan dan pencegahan ini tak terlampau berhasil, karena pada Februari 2009 terkuak kasus seorang guru sekolah menengah berusia 32 tahun yang telah berhubungan seks dengan gadis 14 tahun yang ia kenal lewat Tagged.com.

Pada Maret 2008, Microsoft  mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerjasama komersial dengan beberapa situs jejaring sosial, termasuk Tagged.com. 

Tagged pun juga masuk pada keanggotaan Social Media Advertising Consortium. 

Pada Januari 2010 Tagged menyumbangkan bantuan dengan jumlah 50.000 dollar kepada Yele Haiti Earthquake Fund bagi para korban gempa besar yang melanda Haiti.
Kesuksesan Tagged.com pun telah melambungkan nama Greg Tseng sebagai salah seorang pengusaha muda terkaya di dunia dalam bidang internet menurut situs retireat21.com.
 
http://www.sherlomes.com/2012/04/greg-tseng-yuchang-pendiri-tagged.html

Tidak ada komentar: