Rabu, 02 Oktober 2013

Langganan Kolibasilosis di peternakan ayam anda??

Sering kali banyak peternak ayam broiler yang mengeluhkan penyakit kolibasilosis yang selalu datang di peternakan ayam broiler mereka. memang kolibasilosis merupakan penyakit yang biasa menjadi langganan di setiap peternak ayam broiler di Indonesia. Penyakit kok langganan ya?? Iya sebelum kita bahas lebih lanjut kenapa kolibasilosis menjadi langganan di farm broiler anda mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab kolibasilosis ini.

Kok bisa kolibasilosis??

Bakteri Escherichia coli adalah bakteri penyebab terjadinya kolibasilosis ini. Bakteri Escherichia coli biasa ada di air tanah yang merupakan tempat hidup normal ecoli. Sumber air minum ayam broiler yang berasal dari sumur air tanah ini yang sering menjadi awal adanya kolibasilosis, karena kebanyakan sumur air tanah mengandung bakteri ecoli.

Apa sih faktor penunjang Kolibasilosis??

Penunjang langganan Kolibasilosis pada farm anda adalah litter yang kering dan berdebu, litter yang basah atau lembab, kadar amonia yang terlalu tinggi, ventilasi kandang jelek sehingga sirkulasi udara kurang baik, populasi ayam yang terlalu padat ( standar 8 ekor per meter ), stres akibat pertumbuhan yang terlalu cepat, adanya reaksi vaksinasi yang berkepanjangan dan adanya penyakit menular.

Apa akibat kolibasilosis pada ayam broiler??

Setiap penyakit pasti akan mengakibatkan hal yang kurang bagus, jika ayam broiler anda terinfeksi bakteri e coli ini tentu akan menjadi masalah pada ayam anda. Diantara permasalahn atau akibat yang mungkin timbul adalah : pertumbuhan ayam broiler terhambat, berat badan yang tidak optimal, pemicu timbulnya penyakit lain pada saluran pernafasan, pencernaan dan juga reproduksi.

Penularan melalui apa?

Biasa penularan paling banyak adalah melalui feses yang dikeluarkan oleh ayam broiler, karena bakteri E. coli banyak terdapat di usus bagian belakang dan dikeluarkan dari tubuh dalam jumlah besar bersama dengan feses. Di dalam feses/ kotoran ayam ini, bakteri e. coli mampu bertahan sampai beberapa minggu.

Silahkan bantu LIKE + SHARE /BAGIKAn jika bermanfaat..

artikel selanjutnya baca di http://ayambroiler.com/koli-langganan-datang-di-farm-anda/

Tidak ada komentar: