Sabtu, 19 Oktober 2013

Kajian Islam 1

Pengajian rutin malam minggu Masjid Al – Ghifary

Sabtu, 19 Oktober 2013 Pembukaan pengajian.
Tujuan diadakan pengajian untuk mencari ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah SWT. Dasar ilmu “Tidaklah diciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah” 

Pukul 19.30 – 20.15 wib pembahasan mencari mufakat kitab yang akan dipelajari. Setelah ditentukan kitab yang akan dipelajari yaitu kitab “MAUAIJOTUN MUKMININ” dikarenakan kitabnya bertulisan huruf Arab gundul maka diperlukan pembimbing ahli yakni kita percayai bernama KH. Munir Syafaat.

Kemudian pukul 20.15 – 20.45 wib Muhasabah Ta’aruf kepada ALLAH SWT dimulai dengan membaca Surat Al – Fatihah sebanyak – banyaknya. Lalu istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan kajian kitab oleh pak kyai. 

Pukul 21.00 wib Kajian agama pun dimulai tentang mukamadimah kitab Mauaijotun Mukminin tentang Amar makruf Nahi Mungkar. Maksudnya bila disekitarmu ada suatu kejahatan, kesesatan wajib kita membenarkan serta meluruskan agar tidak menyimpang dari norma agama dan hukum yang berlakuh. Sehingga diharapkan orangnya akan memiliki sikap rendah hati (Istiqomah). Dasar ilmu “inna sholatanha anil fahsa ihwal mungkar artinya sholat lebih baik daripada perbuatan keji dan mungkar". 

Acara pun selesai pukul 21.30 wib. Setelah itu kita mulai curhat bisa kepada pak kyai dan para jamaah majelis taklim lainnya sharing pengalaman. Dan akhirnya setelah agak lama berbincang – bincang sama pak ustad, aku pun dikasih pegangan hidup untuk biar cepat menemukan jodoh dengan cara berikhtiar perbanyak baca Alquran surat YUSUF minimal seminggu sekali kata pak ustad.

Kemudian aku pun mulai mengungkapkan kepada penasihat takmir bahwa aku sedang mencari pasangan hidup yakni wanita yang lahir pada hari selasa karena aku lahirnya hari Sabtu Pon. Ya namanya juga manusia bila ada kata – kata yang bermanfaat datangnya dari Allah dan bila ada suatu kekhilafan penulisan datangnya dari diri pribadiku. Waallahu alam bi shawab, semoga Allah meridhoi dan mengkabulkan apa yang selalu aku mau. Amin ya robbal alamin. 

Perasaan pun senang karena mulai memperdalami ilmu agama selagi masih muda. Untukmu agamamu, untukku agamaku. Hinnadinna andallah hil Islam, ISLAM agama yang aku yakini hingga akhir hayat hidupku. 

Alhamdullilah, aku diberi nikmat sehat sehingga aku masih bisa berkumpul dengan orang - orang seiman seakidah untuk bekal saat hari akhirat dan ajal menjemputku.

Tidak ada komentar: