Jumat, 03 Januari 2014

KARAKTERISTIK ORANG BERTAKWA


Imam Qusyairi dalam berkata, ”Karakter yang menonjol bagi orang yang bertakwa terkumpul dalam kalimat “TAQWA”.


✔ Huruf ‘ta’ yang pertama bermakna tawadhu’ (rendah hati).

Orang yang bersikap tawadhu, sekalipun kaya tetapi berpenampilan miskin, meskipun penguasa tetapi ia memilih pola hidup sebagai pelayan (khadam), dan betapa pun alim, ia memilih sikap hidup seperti orang yang tidak berilmu.

✔ Huruf yang kedua ‘qaf’ artinya qanaah.

Selalu ridha dengan rezeki yang telah dikaruniakan oleh Allah Subhana wa Ta’ala. Dalam urusan dunia, ia selalu melihat orang yang status sosial ekonominya lebih rendah. Namun dalam urusan akhirat, ia melihat orang yang lebih atas.

✔ Huruf yang ketiga ‘waw’ artinya wara’.

Maksudnya, menjaga dari dari sesuatu yang syubhat (tidak jelas halal dan haramnya). Apalagi memandang perkara yang haram. Sekalipun perkara itu halal, akan tetapi jika menghalangi dan mengurangi konsentrasi ibadah kepada Allah Ta’ala, maka ia akan tinggalkan.

✔ Huruf yang keempat ‘ya’ artinya yakin.

Orang yang bertakwa selalu memiliki pendirian yang kuat. Tidak mudah goyah ketika dihadapkan dengan ujian dan cobaan. Karena ia yakin, maka sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu menyertainya dan menolongnya dalam keadaan lapang maupun sempit.

Langkah utama untuk menuju takwa adalah bermujahadah agar di dalam hati kita steril dari pengaruh lain kecuali Allah SWT. Kita usahakan ibadah, pengorbanan dan hidup mati kita, hanya ditujukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

[Suntingan dari artikel: Risalatu al-Qusyairiyah karya Imam Qusyair pada majalah.hidayatullah.com]
______________________________________________________
Shared By: bicara.hidayah 2 (.. buat diriku ..)

Tidak ada komentar: